Arkomindonesia

kepengurusan

Keith Keller

Ir. Eko Agus Prawoto, M.Arch., IAl

Eko Prawoto lahir bulan Agustus 1958 di Purworejo, Jawa Tengah.  Ia lulus dari Universitas Gadjah Mada sebagai Sarjana Arsitektur pada tahun 1982.  Tahun 1993 lulus dari Berlage Institute Amsterdam sebagai Magister Arsitektur.  Sejak tahun 1985 ia menjadi dosen di Fakultas Arsitektur dan Desain  di Universitas Kristen Duta Wacana.  Pada Tahun 2000 mendirikan studio desain; Eko Prawoto Architecture Workshop.

 

Eko Prawoto banyak mengerjakan proyek skala kecil seperti rumah pribadi, galeri seni, atau fasilitas masyarakat.  Dalam bekerja Eko Prawoto selalu berusaha meningkatkan nilai lokalitas menjadi strategi desain untuk mengintegrasikan arsitektur dengan konteks sosial, budaya, dan lingkungan.  Ia juga melakukan instalasi seni atau proyek seni komunitas.  Karya-karyanya pernah dipamerkan di beberapa acara:  Venice Biennale 2000, Arte all’arte, Gwangju Biennale, Echigo Tsumari Art Triennial, Kamikatsu Art Festival, Anyang People Art Project di Korea, Common Ground Australia, Regionale XII di Austria, dan baru-baru ini Singapore Biennale 2013, Holbaek Denmark 2016 dan Sonsbeek 2016.

 

Dalam dunia arsitektur Eko Prawoto berpandangan arsitektur adalah sebuah perjalanan, mencari keseimbangan baru di dunia yang terus berubah dan arsitektur merupakan sarana untuk menjaga semangat kebersamaan masyarakat, dan hidup selaras dengan alam.

Get In Touch