Arkomindonesia

kepengurusan

Rohmad Ahmadi

Akrab dipanggil Lilik adalah sosok Lurah Desa Kebonharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo Periode 2015-2021.  Desa Kebonharjo terletak di Kawasan Bukit Menoreh, Daerah Istimewa Yogyakarta.

 

Sebelum kembali ke desa menjadi lurah, Lilik aktif di berbagai lembaga pemberdayaan masyarakat sipil, Urban Poor Consortium (UPC) melakukan pendampingan warga Pasca Gempa Bantul 2006.  Kemudian aktif di Arkom Jogja (Lembaga Arsitek Komunitas Yogyakarta) yang fokus pada pengembangan mitigasi, rehabilitasi dan rekonstruksi kebencanaan.  Bersama Arkom mengembangkan penataan ruang bersama masyarakat di pinggir Perkotaan Yogyakarta.  Minatnya pada masalah keruangan dan seni membuat Lilik pernah menjadi direktur Architecture, Urbanism, and Art Learning Center.  Pengalaman itulah yang menjadikan Lilik sebagai lurah membawa “hawa baru” dalam memimpin desanya.

 

Lilik menginisiasi pendekatan budaya dalam membangun peradaban desa.  Dalam satu kesempatan Lilik:  “Melalui kebudayaan sesungguhnya ada proses yang disebut “urip urup madhangi”.  Budaya adalah sebuah dinamika yang mampu menghidupi, menginspirasi, dan menerangi berbagai persoalan yang terjadi dalam masyarakat”.

EnglishIndonesian